Sabtu, 09 Februari 2008

Valentino Rossi Semakin Optimistis

ROMA, JUMAT - Setelah merampungkan uji coba di Sirkuit Sepang, Malaysia, Valentino Rossi kini semakin optimistis menghadapi musim 2008. Ia yakin, paket motor dan ban yang dipakainya sekarang telah memperlihatkan kinerja memuaskan sehingga dirin ya bakal mampu menempel ketat dengan juara dunia MotoGP, Casey Stoner.

Kalau mau bertarung dengan Stoner memperebutkan gelar juara dunia, kami harus bisa melaju kencang seperti sekarang. Ia dan motor Ducati-nya benar-benar kencang dan kita tidak bisa hanya berada d belakangnya, ujar Rossi kepada Gazzetta dello Sport seperti dikutip autosport.com, Jumat (8/2).

Rossi menjalani uji coba tiga hari di Sepang dengan mulus. Selama melakukan simulasi lomba, catatan waktu lap Rossi konsisten lebih baik ketimbang waktu lap terbaik (fastest lap) lomba Grand Prix Malaysia 2007.

Fastest lap GP Malaysia 2007 dicetak oleh Stoner, yakni 1 menit 2,108 detik. Selama tiga hari melakukan simulasi lomba di Sepang, Rossi selalu tampil lebih baik dari fastest lap itu.

Selain men jalani simulasi lomba (motor disetel untuk lomba dan memakai ban lomba), Rossi juga menjalani simulasi kualifikasi. Untuk simulasi ini, Rossi memakai ban khusus kualifikasi yang cepat panas dan cepat lengket ke aspal serta setelan motor yang khusus kualif ikasi.

Uji co ba di Sepang tidak diikuti Stoner dan Ducati. Setelah menjalani uji coba di Phillip Island, mereka memilih absen di Sepang dan akan langsung menjalani uji coba di Jerez, 16-18 Februari. Rossi bersama Yamaha tidak mengikuti uji coba di Phillip Is land yang digelar sebelum uji coba Sepang.

Setelah terseok-seok berada di belakang Stoner pada musim 2007, Rossi memutuskan beralih memakai ban Bridgestone, ban yang dipakai Stoner, di akhir musim 2007. Pembalap Italia itu sebelumnya selalu memakai ban Mic helin, termasuk kala ia menjadi juara dunia GP 500/MotoGP pada 2001 hingga 2005.

Tidak ada komentar: