Minggu, 10 Februari 2008

Atlet Kejar Limit Olimpiade di Australia

JAKARTA, JUMAT- Pelari gawang putri Dedeh Erawati bertekad menembus limit kualifikasi Olimpiade Beijing 2008. Catatan waktu terbaik sekaligus rekor nasional Dedeh di nomor 100 meter gawang adalah 13,51 detik, sedangkan limit kualifikasi B Olimpiade adalah 13,11 detik.

"Setiap kali tampil di suatu kejuaraan, target saya selalu ingin mencatat waktu lebih baik. Saya berharap dapat lolos untuk limit kualifikasi B," ungkap Dedeh setelah berpamitan kepada Ketua Umum KONI Pusat, Rita Subowo di Jakarta, Jumat (8/2).

Dedeh bersama sprinter putra terbaik Indonesia Suryo Agung Wibowo akan berlaga di dua Kejuaraan Atletik Grand Prix di Australia dan di Kejuaraan Nasional Atletik di negara tersebut. Dedeh akan tampil di Sydney, Melbourne, dan Brisbane.

Selain kedua sprinter itu, diberangkatkan pula sembilan atlet lainnya. Mereka berangkat untuk try out selama tiga minggu, 10 Februari-3 Maret atas biaya Departemen Pendidikan Nasional sebesar Rp 1 miliar.

Seluruh atlet itu meliputi Zulkarnaen Purba, Ahmad Sumarsono Sakeh, M Patoniah, Nurrochman, Abdul Razak, Franklin, Rini Budiarti, Dwi Ratnawati, dan Rose Herlinda Inggriawan. Sementara sprinter Irene Truitje Joseph berangkat atas biaya KONI DKI.

Mereka mendapat tiga kesempatan bertanding. Bagi sprinter yunior seperti Abdul Razak, Franklin, Nurrochman, dan M Patoniah, mereka diikutkan pada kejuaraan yunior di Queensland (16-17 Februari) dan New South Wales (22-23 Februari).

Suryo yang sudah lolos limit kualifikasi B untuk nomor 100 meter akan mencoba mengejar limit kualif ikasi B di nomor 200 meter yang 20,75 detik. Adapun pencapaian terbaik Suryo di nomor tersebut masih terpaut 0,01 detik yakni 20,76 detik yang tercipta di SEA Games XXVI Nakhon Ratchasima, Thailand.

"Saya ingin setiap atlet punya kesempatan bertarung melaw an atlet yang lebih hebat dan lolos ke olimpiade," kata pelatih asal Australia, Robert Ballard yang pernah tampil di Olimpiade Seoul 1988.

Tidak ada komentar: